Click here for Myspace Layouts

Alami yang Diciptakan oleh Tangan-tangan Terampil Orang Madura

Posted by Pitaloka Yuniartiningtyas | Posted in

Oleh: Phietha Lobhert
Daftar Pustaka: www.idegift.com

Salah satu bentuk karya seni yang telah menjadi budaya masyarakat Madura adalah batik Madura. Batik Madura banyak diminati oleh konsumen lokal maupun interlokal. Sebab batik Madura memiliki keunikan dan kekhasan tersendiri bagi para konsumennya misalnya corak, warna, dan ragamnya unik serta dilakukan personal atau secara satuan. Lagi pula batik Madura di produksi secara tradisional, diproses dan di buat secara tradisional bahkan menggunakan pewarna alami yang ramah lingkungan.
Untuk itu batik Madura memiliki nilai tersendiri di hati para konsumennya. Coba kita bayangkan jika jas yang kini dipakai oleh para pegawai menggunakan kain Madura pasti kita akan bangga. Dan itu tidak mustahil dapat terjadi.
Semua tergantung dari usaha kita, jadi sebagi generasi penerus marilah kita melestarikan kebudayaan ini. Ayo kita belajar membuat batik. Selain itu pihak sekolah juga memiliki andil demi lestarinya dan eksisnya batik Madura. Misalnya dengan membuat peraturan untuk para siswa agar memakai batik ke sekolah.
Selain itu yang tidak kalah pentingnya yaitu peranan Pemerintah. Misalnya memberikan modal pada pengrajin batik Madura agar meningkatkan produksinya. selain iti mengadakan pameran batik Madura untuk memperkenalkan batik Madura pada dunia.

Comments (0)

Posting Komentar